banner 728x70

Yonarmed 15/76 Lakukan Geladi Taktis

Salah seorang peserta gladi sedang melakukan tugasnya

Salah seorang peserta gladi sedang melakukan tugasnya

OKUT, Sumajaku.Com- Pangdam II Swj Mayjen TNI Nugroho Widyotomo diwakilkan oleh Danrindam II/Swj Kolonel Inf Gery Geriardi, membuka secara resmi acara Geladi Posko II Yonarmed 15/76 Kodam II/Swj Tahun Anggaran 2012, di Martapura Kabupaten OKUT, Selasa (06/11).

Geladi Posko II Yonarmed 15/76 merupakan latihan dengan menggunakan metode geladi   taktis tanpa pasukan untuk melatih Komandan, Staf, dan Unsur Pelayan Markas Satuan dalam melaksanakan tehnik, prosedur serta tata kerja yang berlaku di suatu Markas Komando yang bertujuan untuk menguji efektivitas fasilitas di  suatu Komando Markas Satuan, termasuk dalam melaksanakan prosedur pindah Posko guna melaksanakan tugas operasi lawan insurjensi.

“Tugas Batalyon Armed 15/76 Kodam II/Swj dalam suatu pertempuran adalah bertindak sebagai satuan unsur bantuan tembakan bagi satuan manuver. Untuk mampu melaksanakan tugas tersebut, maka setiap prajurit dituntut untuk memiliki profesionalitas yang tinggi di bidangnya baik pada tingkat pelaksana maupun tingkat perencana yaitu mulai dari unsur Pibak sampai dengan Komandan Batalyon dan Staf, sehingga mampu mendukung keberhasilan taktis pertempuran bagi satuan manuver,” kata Gery.

Melakukan tembakan kesasaran dengan mengunakan senjata arteleri berat

Melakukan tembakan kesasaran dengan mengunakan senjata arteleri berat

Dijelaskan Gery, Sehubungan dengan hal tersebut di atas, untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan  khususnya Komandan dan Staf Yonarmed 15/76 dalam perencanaan suatu operasi, pengendalian operasi dan prosedur hubungan kerja Komandan dan Staf, perlu dilaksanakan latihan Geladi Posko II/Yonarmed 15/76. “Sasaran kualitatif yang ingin  dicapai dalam pelaksanaan Geladi ini adalah, setiap prajurit Batalyon Armed 15/76 menguasai dan mahir dalam melaksanakan prosedur kerja hubungan Komandan dan Staf dalam perencanaan operasi, menguasai dan mahir melaksanakan komando dan pengendalian operasi dan mampu melaksanakan pengambilan keputusan Komandan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan taktis,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, Komandan sampai dengan Perwira Staf harus dapat mempelajari dan menjabarkan perintah yang diberikan oleh Komando Atas Satuan Operasi,  kemudian   membuat   perintah persiapan, petunjuk perencanaan, perkiraan   Staf, perintah operasi sampai dengan pelaksanaan  kegiatan.

“Manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk meningkatkan profesionalitas Komandan dan Staf Batalyon Armed 15/76, baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaan operasi di lapangan. Laksanakan latihan ini dengan penuh kesungguhan, disiplin dan bertanggung jawab sesuai dengan skenario Geladi, sehingga tujuan dan sasaran Geladi Posko II Batalyon Armed 15/76 dapat tercapai,” Pesan Danrindam II/Swj Kolonel Inf Gery Geriardi. (April)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply