banner 728x70

Sekda Buka Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel H Nasrun Umar saat memasuki ruang acara.

Palembang, sumajaku.com- Bangsa-bangsa yang maju itu tentu bangsa yang ingin membaca, tentu tidak salahnya bagi orang tua untuk membiasakan bagi anak-anaknya serta para generasi muda untuk lebih sering membaca. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel H Nasrun Umar menyebutkan, buku mempunyai peranan yang sangat besar dalam menunjang pendidikan, keberadaannya berdampingan erat dengan proses belajar mengajar, belajar tanpa buku di ibaratkan berlayar tanpa pedoman.

Selain itu, buku juga dikatakan sebagai jendela dunia, orang yang banyak membaca buku akan menguasai pengetahuan dan informasi. “Apabila kita dapat menguasai pengetahuan dan informasi tentu saja dapat menguasai dunia,” ungkap Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar pada acara Pembukaan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Gedung Serba Guna Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Senin (14/8).

Oleh sebab itu, yang tak kalah pentingnya adalah penumbuhan kegemaran membaca oleh orang tua dalam setiap keluarga bagi anak-anaknya. Inilah yang barangkali sangat diperlukan saat ini, yaitu penanaman kesadaraan untuk mengajarkan dan membiasakan anak-anak untuk gemar membaca.

“Untuk itu, tentu saja memerlukan kearifan dan kejelian dalam melihat dan mencintai fasilitas perpustakaan atau taman bacaan yang ada di lingkungan kita, serta memanfaatkannya untuk mesukseskan gerakan gemar membaca tersebut,”ujarnya.

Kegiatan pemasyarakatan kegemaran membaca dan kunjungan ke Perpustakaan yang saat ini dilakukan adalah salah satu dari upaya-upaya tersebut. “Oleh sebab itu, marilah kita semua mulai membiasakan diri untuk gemar membaca, membiasakan anak-anak kita dan anak-anak didik kita untuk membaca sejak ini,”katanya. “Dengan harapan agar kita dan generasi muda menjadi generasi yang cerdas, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu bersaing di era globalisasi ini,” tuturnya.

Lanjut Nasrun Umar mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel mempunyai perhatian yang besar terhadap pengembangan perpustakaan dan peningkatan kegemaran membaca. Salah satu yang telah dilakukan adalah dengan membentuk Pengurus Daerah Pembudayaan Kegemaran Membaca Tingkat Provinsi Sumsel.

Pengembangan dan peningkatan pelayanan perpustakaan di Provinsi Sumsel terus ditingkatkan antara lain dengan penambahan koleksi berupa buku yang berkualitas dan terjangkau sesuai dengan kebutuhan pemustaka, melakukan otomasi pelayanan perpustakaan sesuai dengan era teknologi informasi saat ini, serta meningkatkan diversifikasi jenis pelayanan. Tentu saja semua fasilitas yang tersedia itu diperuntukan bagi semua warga masyarakat dalam upaya meningkatkan budaya kegemaran membaca dengan memanfaatkan perpustakaan.

“Untuk itu melalui kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca ini, kami berharap kiranya semua turut serta mengkampanyekan kebiasaan membaca, dimulai dari diri kita, anak-anak didik dan keluarga kita. Semoga budaya gemar membaca dapat tumbuh, berkembang dan membaca menjadi suatu kebutuhan di semua lapisan masyarakat Sumsel,” pungkasnya.

Tampak hadir pada kesempatan ini, Kepala Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengelolahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI, Drs. Ahmad Masykuri, Anggota Komisi X DPR RI, Ir. Sri Melyana dan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Maulan Aklil. (rill).

Subscribe

sumajaku

No Responses

Comments are closed.