banner 728x70

Pemkot Bangun IPAL Rp 1,2 Triliun

Tinjau Lokasi pembangunan IPAL Hibah Australia.

Palembang, sumajaku.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan membangun Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) di Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni. Pembangunan ini senilai Rp 1,2 Triliun yang dananya sebagian dari dana hibah Australia sebesar 500 juta dolar Australia atau sekitar Rp 500 miliar.
Disela ground breaking Kamis (26/10/2017) Ronal Van De Koller, Tim Leader KIAT Australia mengatakan, pembangunan fisik bisa dimulai pada tahun 2019. Sebab, Pemkot juga tengah melakukan persiapan, termasuk pembebasan lahan dan Palembang tengah focus persiapan Asian Games.
Timnya akan melakukan pengecekan dilahan seluas 5,7 HA. Sebelum pembangunan fisik akan dilakukan penimbunan untuk memperkuat bangunan. Lahan merupakan tanah konsolidasi yang bisa mengalami penurunan tanah, masih bisa dibangun dengan timbunan biar lebih kokoh, jelasnya. Metode yang digunakan vibrated vertical drainase cukup memakan waktu satu tahun, pengerjaan keseluruhan hingga tahun 2022.
Sekretaris Daerah Kota Palembang, Drs Harobin Mustofa MSi mengatakan, ini tindak lanjut dari komitmen Australia untuk membangun IPAL. Rencananya, Kamis (02/11/2017) Duta Besar Australia yang melakukan langsung ground breaking di Palembang. Sejauh ini persiapan telah dilakukan baik dari lahan dan relokasi sudah terlaksana. Menurutnya, pemerintah Australia sangat disliplin terhadap aturan. Makanya, kita juga tidak mau ada gesekan dari masyarakat setempat terkait pembangunan IPAL ini, katanya.
Dana yang dihibahkan ini mereka berikan merupakan dana hibah murni, bukan pinjaman seperti di kota lainya. Proyek ini menelan dana 1,2 triliun, sisanya akan dianggarkan dana APBD, jelasnya.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Palembang, Saiful mengatakan, pembangunan IPAL ini sedang menyiapkan lahan. Pemerintah sedang melakukan sosialisasi rencana pembangunan tersebut. Termasuk relokasi warga agar bisa berjalan sesuai dengan rencana. Masih ada beberapa persil yang belum dibebaskan. Untuk merealisasikan pembangunan tersebut, Pemkot telah merampungkan pembuatan DED sambungan rumah tangga, jelasnya.(yn)

Subscribe

sumajaku

No Responses

Comments are closed.