banner 728x70

186 Desa Ikuti Sosialisasi Program Dana Desa

Pembukaan kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. (foto, awi).

Musi Rawas, sumajaku.com- 186 Desa Mengikuti kegiatan sosialisasi yang bekerjasama dengan TP4D oleh Kejaksaan Negeri Lubuklinggau dalam menjalankan Anggaran APBN dan APBD agar sesuai dengan peruntukan dan sesuai dengan aturan dan standarisasi dari Kementrian Desa.
Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Auditorium Pemkab Musi Rawas yang di buka langsung oleh Wakil Bupati Hj Suwarti yang dihadiri Kajari Lubuklinggau Hj Zairida,Setda Isbandi, Rektor Unmura, Staf Ahli Bupati, Asisten dan Inspektur, Kep.Dinas PMD , Para Pejabat Lingkungan Pemkab dan Seluruh Camat, Kasi PMD, Kepala Desa se Kab.Musi Rawas, kamis (24/8).
Wabup menyampaikan, Dana Desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukan untuk Desa yang ditransper melalui APBD Kab.Musi Rawas. Yang digunakan untuk Penyelenggaraan Pemerintah dalam bentuk Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan serta Pemberdayaan Masyarakat. Dalam pengalokasian Dana Desa berdasarkan Jumlah Desa disertai perhitungan Jumlah Penduduk, Angka Kemiskinan, Luas Wilayah dan Tingkat Kesulitan Geografis.
Pemkab Musi Rawas meminta kepada Kepala Desa dalam pelaksanaan dan penggunaan Dana Desa harus Transparan dan Akuntabel,Yang harus diperhatikan kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara untuk memberikan kepastian Hukum.Wabup berharap kepada 186 Desa dalam pelaksanaan dan Penggunaan Anggaran Dana Desa harus sesuai dengan Undang-undang Desa, Bertujuan untuk Pembangunan,Peningkatan Perekonomian serta Mensejahterakan warganya.
Adapun Jumlah Penyaluran Dana Desa serta Alokasi Dana Desa di Kab.Musi Rawas dari Tahun 2015 sebesar Rp. 144.158.150.149,-,Tahun 2016 sebesar Rp.115.125.323.000,- dan Tahun 2017 sebesar Rp. 146.524.040.000,- dengan total keseluruhan Dana Desa sebesar Rp. 405.807.513.149,-.Ditambahkan Wabup Hj.Suwarti Jika Dana Desa setiap Kepala Desa memiliki Integritas yang baik pasti dalam menjalankan keuangan desa itu sebagai Amanah yang harus dikelola dengan baik demi Kesejahteraan warga desa.Dan harapan saya 186 kepala desa se kab.musi rawas harus menjalankan sesuai dengan aturan Pemendagri No.113/2014 tentang pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akutabel ucapnya.
Sedangkan Kajari Lubuklinggau Hj.Zairida mengatakan dengan adanya sosialisasi ini dapat membantu kinerja kepala desa dalam menjalankan keuangan desa dengan baik dan benar sesuai dengan aturan Permendes dan perbup, Yang lebih mengutamakan kesejateraan warganya serta pembangunan yang memang di butuhkan sesuai dari hasil musyawarah desa. Dan kajari menambahkan kepada seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam Pengawalan, Pengamanan dan Mengawasi Anggaran dana desa yang dikelola oleh Kepala desa.
Dan bagi kepala desa yang membutuhkan pegawasan kami siap memberikan sosialisasi dan pendampingan di desa sesuai dengan TP4D (Tim Pengawal dan Pengamanan pemerintah dan Pembangunan Daerah). Ditambahkan Kajari bagi yang masih ragu dalam pelaksanaan pengelolaan dana desa yang belum memahami atas kesalahan dalam pelaksanaan kejari membuka pintu untuk melakukan koordinasi dan konsultasi. (awi).

Subscribe

sumajaku

No Responses

Comments are closed.